Saturday, January 7, 2012

Antara Tempe dan Keju

Setelah sekitar 4 bulan aku tinggal dan menjalani hidup sebagai anak ABG Perancis (cieeehh) --> lebay, aku bisa liat banyak banget perbedaan antara Indonesia sama Perancis, dari hal kecil, hal sedengan (?) , sampe hal yang besar.

  1. In France, a lot of people walk in the city. Nggak kayak kita, yang dari rumah ke depan komplek buat beli gula aja naik motor, orang Perancis doyan banget jalan kaki. 1km aja berasa deket buat mereka.
  2. Driving on the right side. Pas masih awal-awal di sini, suka nggak sadar jalan ke arah pintu mobil di sebelah kiri. Padahal itu tempat supir hahaha
  3. They never forget to wear the seat belt. Kalo kita, boro-boro penumpang, supir nya aja suka lupa atau bahkan males pake seat belt.
  4. Some highways here such as toll roads in Indonesia. Yups, kualitas jalan raya di sini bagus-bagus. Nggak kayak di Indonesia, jalan raya banyak yang bolong-bolong :p
  5. Green everywhere. Di sini, from a town to another town (baca: kecamatan), kita musti ngelewatin hutan, padang rumput, dan tanpa lampu jalan. Kebayang kalo di Indonesia nyetir mobil malem-malem ngelewatin jalan kayak gitu, kita pasti langsung berkhayal tentang film horror.
  6. Sometimes animal crosses the road. Nggak heran deh banyak peringatan di jalan raya yang gambarnya rusa. Di sini, hewan-hewan yang hidup di hutan kayak rusa, babi hutan, kelinci, anjing, atau kucing suka nyebrang jalan raya tanpa liat kanan-kiri (yaiyalah).
  7. Saying bonjour and au revoir is like a habit.
  8. They kiss on the cheek when say bonjour and au revoir. Ya nggak semuanya juga kan.. masa iya pas naik ke bis terus nempelin pipi ke supir nya? Nempelin pipi sambil bilang muah muah, dilakuin cuma sama orang yang udah kita kenal.
  9. All of the students have an agenda. Semua anak, dari yang cewek sampe yang cowok, dari yang paling pinter sampe yang paling biasa aja, dari yang rajin sampe yang rada malesan, mereka punya BUKU AGENDA. Kalo kita, tiap malem sms temen nanya PR atau ulangan, atau malah sering lupa kalo besoknya jam pertama ada ulangan, atau bahkan ada yang nggak tau (curhat). Kalo mereka, semuanya dicatet di buku agenda masing-masing.
  10. French girls use make-up and high heels to school. Yah, minimal mascara lah, pasti pada make.. Malah, ada yang pake anting-anting yang gede-gede dan berkerincing kalo kepala mereka goyang wkwkwk .. Nggak semuanya juga sih, tapi banyak banget yang pada pake high heels..
  11. You can kiss or hug your boyfriend/girlfriend anywhere you want. Udah jadi pemandangan yang sangat biasa ngeliat anak-anak di sekolah pada ciuman, pelukan, pangku-pangkuan.. Nggak peduli ada guru yang lewat. Bayangin deh kalo kita ngelakuin itu di Indonesia.. Ujung-ujungnya --> kantor BK.
  12. Put your feet on the table or another chair is not a problem. Wuhuuuu, ada guru pun banyak anak sini yang duduk nya se pewe nya sendiri :p
  13. Students follow the rules. Mereka pada nggak main HP di kelas. Ada juga sih yang suka main HP, tapi sembunyi-sembunyi. Coba kita, HP aja ditaruh di atas meja. Di sini juga nggak bias bolos seenaknya. Musti ada ijin (bukan bolos dong namanya). Coba bandingkan dengan kita (baca: P*dmanaba) tinggal bilang sakit, mau ke UKS, beres deh :)
  14. They use calculator for exams. Di sini bahkan gurunya ngajarin gimana ngitung rumus yang cukup ribet diitung secara manual pake kalkulator, dan padahal, angka-angka hitungan di sini masih wajar-wajar aja.. Nah kita? Ulangan matematika yang angkanya kayak nomer HP aja, nggak boleh pake kalkulator -____-
  15. They don’t use so much oil. Mereka nggak banyak masak pake minyak. Buat makan ikan, ayam, atau daging, biasanya dimasukin oven gitu aja. Kalo enggak daging dipanasin di atas wajan tanpa minyak, dan kadang bahkan tanpa mentega.
  16. They way they cook seems simpler than us. Mereka masaknya simpel banget. Masak ayam, cuma dikasih garem sama merica aja udah oke kayaknya buat mereka. Mereka kalo makan seafood kayak udang, kepiting, atau kerang, cuma direbus aja pake bumbu instant (hampir nggak ada rasanya), dan didiemin sampe dingin. Nah kalo kita? Ada bumbu asem manis lah, bumbu rujak lah, apalah . .
  17. They like raw beef. Kalo kita, makan musti mateng teng teng, mereka suka makan daging sapi yang nggak terlalu mateng, alias setengah mateng, bahkan seperempat mateng. Ada juga menu di restoran yang isinya daging sapi mentah --''
  18. If we go to the restaurant, they will give us free water without we asked to. Yuhuuu . . air putih di sini gratis.. Air dari keran juga bisa diminum.. Jadi inget, pernah liat di sebuah rumah makan, untuk dapet air putih aja bayar 300 perak wkwkwk
  19. There will be always some breads on the dining table. Yuhuuuu, kita bakal selalu nemuin baguette, atau semacamnya waktu orang Perancis makan. Jadi kalo pas orang Indonesia makan selalu ada sambel sama tempe, kalo pas orang Perancis makan selalu ada roti sama keju :)
  20. A meal without cheese isn’t complete. Bahkan ada semboyan yang artinya gini: Seperti perempuan tanpa eyeshadow, makan nggak lengkap tanpa keju.
  21. They take a lot of time for eat. Sebenernya bukan berarti mereka lambat kalo makan. Tapi, di sini kalo makan, nggak kayak di Indonesia, yang cuma makan nasi sama lauk, terus minum, terus selesai. Di sini, untuk makan besar (ex. Ngundang sodara atau makan sama temen)  ada yang namanya aperitif (makanan ringan, snack, kacang, cocktails), terus habis itu makan entré (makanan sebelum makanan utama, misalnya sup, salmon asap, dll). Terus, baru deh masu ke makanan utama. Habis makanan utama, nggak selesai gitu aja. Perjalanan makan ini dilanjutkan ke salad, terus keju. Dan habis makan keju, kita makan dessert. Dan dan dan dan daaann . . . habis dessert, ada juga yang ngelanjutin pake minum kopi. Jadi, mereka kalo pas makan besar gitu, misalnya dimulai jam 1, selesainya jam 4 sore. Suatu hari ada sodaranya host ku yang bilang, “Kalo di Indonesia orang makan untuk hidup, di Perancis orang hidup untuk makan.” Hahahahhaa
  22. There is always hot water in all of the houses. Yuhuuu . . bahkan mereka nyuci piring aja pake air panas!
  23. They take a bath once a day. Coba kalo kita yang tinggal di ekuator gini mandinya sekali sehari.. ampun deh --''
  24. There is not a lot of motorcycle here. Kebalikannya Jogja banget, hampir semua anak SMA dibekali sebuah motor ke sekolah.
  25. Most of students go to school by bus. Dari anak SD yang masih cimi-cimi, sampe anak kuliahan, banyak yang berangkat menuntut ilmu ke tujuan masing-masing naik bis. Untuk jalan-jalan ketemuan sama temen pun, pada naik bis juga. Under 18 dan nggak punya SIM, pada nggak berani naik mobil sendirian tanpa didampingi orang tua.
  26. Many houses with dishwasher inside. Mereka pake mesin nggak cuma pas nyuci baju aja, nyuci piring pun pake mesin.
  27. Alcohol is everywhere. Kita bakal nemu alkohol dimana-mana. Hal yang biasa aja di sini, orang minum alkohol kayak wine, beer, dan semacamnya.
  28. They don’t pay to have the medical service in the hospital. Kalo kita, ASKES atau apapun lah asuransi kesehatan dari pemerintah, kadang bisa dipakenya cuma buat penyakit yang ringan-ringan aja. Di sini, kalo cuma batuk, sakit kepala, atau semacamnya, kita malah harus bayar sendiri buat beli obat. Tapi kalo sakit parah kayak kanker, sakit jantung, dan sebagainya, gratis tis tiiiisss !
  29. There is no VIP class in the hospital. Gratis di rumah sakit itu cuma buat pelayanan kesehatannya aja. Tapi untuk biaya kamar, nyuci seprai, dll tetep bayar, dengan harga yang relatif murah untuk orang Perancis. Di sini juga nggak kayak di Indonesia yang bisa milih kelas kayak VIP, VVIP, kelas 1, kelas 2, di rumah sakit..
  30. No mutiple-choice in the tests. Kalo kita nih, apa-apa pasti pilihan ganda.. Dari ulangan harian, sampe UNAS, sampe SNMPTN, 95% soalnya pilihan ganda. Kalo di sini, soalnya essay semua.. Mana essay nya nggak cuma sekedar essay. Mereka kalo ulangan, kertasnya bisa 4 lembar sendiri, buat nulis essay, kritik, analisis, disertasi, dekomposisi, dll.. Duh duh duuuuhh --''
  31. Ada ruangan di atap. Yuhuuu kalo kita, loteng yang biasanya jadi sarang tikus, di sini dijadiin kamar, ruang TV, dan sebagainya. Jadi ada jendelanya gitu diantara genteng-genteng. Kalo kita liat rumah-rumah di sini, keliatannya pada nggak tingkat. Tapi sebenernya mereka punya tingkat, cuma di atap.. Tapi asik juga sih, kamar ku di sini di atap loh :p
  32. Mostly, they have pets. Kayaknya rada susah juga nyari rumah yang nggak ada hewan peliharaannya di Perancis..
  33. Many people use SAMSUNG. Di Indonesia, biasanya kita liat orang-orang pada pake NOKIA, atau SE, dan baru-baru ini heboh banget pada pake BB. Kalo di sini, kebanyakan SAMSUNG..
  34. Often, cars stop if we want to cross the street. Huehehehe.. di sini, kita baru berdiri aja di pinggir jalan ngadep ke jalan, dan berniat nyebrang jalan, mobil yang tadinya kenceng pada berhenti gitu.. Coba aja di Indonesia, udah diklakson-klakson, dan parah-parahnya ketabrak kali.. *sinetron nggak bakalan deh take place in France kalo  mau nyesuain kenyataan :p
  35. Each student has different timetable. Rada bingung juga waktu pertama masuk sekolah.. Kita punya jadwal sekelas beda-beda.. Kalo di Padmanaba sekelas bareng terus (beda cuma buat seni sama bahasa asing), kalo mereka bisa bener-bener beda (misal aku pelajaran Matematika, temen yang lain Bahasa Latin). Sering kelas dibagi jadi 2 grup pula.. dan jadwal beda pula antara minggu genap sama minggu ganjil.
  36. It's okay if teachers teach wearing T-Shirt or sweater. Hahaha gahol juga . . beberapa guru pernah ngajar di kelas pake T-Shirt atau sweater.. Sering guru-guru pada duduk di meja pula waktu ngajar wkwkwkwk
  37. Not a lot of fireworks in new year's eve. Kita mah apa-apa pake kembang api.. Pensi, ulangtaun, taun baru, dll.. Di sini, kembang api dipake cuma buat ulangtaun Perancis tanggal 14 Juli.. Aneh rasanya, pas malem taun baru nggak ada suara jeder-jeder..
  38. No uniforms for school.
  39. You can smoke in front of the school even if there is a teacher. Wkwkwkwk kalo di Indonesia, paling ujung-ujung nya (lagi-lagi) ke kantor BK atau kantor kepsek :p
  40. Don't like spicy foods. Kalo di meja makan orang Indonesia selalu ada sambel, di Perancis selalu ada roti :)
  41. There is no AC or fan in the school or house, but heater. Yups! Pemanas ruangan ada dimana-mana!
  42. No school in saturday, and usually school finished after 3 pm. Selesai jam 3 sore rasanya kayak hadiah gitu.. Habis biasanya selesai jam 4 atau jam 5 sore..
  43. You can call someone older than you are just using their name. Nggak pernah denger anak sini manggil tante nya pake panggilan "tante" gitu.. Pasti namanya doang. Malah, aku punya temen yang ibunya nikah lagi sama orang lain (sejak dia  umur 8 taun), tapi dia manggil ayah tiri nya pake namanya doang..
  44. No students who bring laptop to school. Mengingat tentang Padmanaba, at least ada 50 biji laptop dalam sehari yang ngider di sekolah. Buat proposal lah, buat ngerjain laporan lah, buat ngegame lah :p
  45. There is no "Bimbel" here. Nggak ada anak yang les pelajaran gitu di sini.. Well, mungkin ada, tapi nggak lebih dari 2% dari jumlah seluruh siswa deh kayaknya..
Itu dia beberapa perbedaan yang aku rasain selama aku tinggal di sini.. I can't say which one I prefer, karna masing-masing punya keasikannya sendiri-sendiri :D

1 comment:

dante said...

neeee @_@ pengen juga berkelana kelliling dunia.. yah, jangan dibandingin kalo sama Indonesia mah