Sunday, October 2, 2011

This is My First Month

Today, 2nd October 2011, I have been exactly a month in France.
How was my first moth?
If I said it was terrible, yaaaahh a bit. If I said it was awesome, yaaaaaa ! :D

Di minggu pertama, aku nangis tiap hari, nggak di sekolah, nggak di rumah, bahkan pas pelajaran, dan sering pas nunggu bis pula! Aku nggak dong apa-apa. Sering salah masuk pelajaran yang harusnya bukan jadwalku lah, salah ngambil dessert di kantin lah, hahahhahaha
Dan di hari terakhir di minggu pertama, aku homesick parah. Mana nggak enak badan, yap, aku sakit. Aku nangis di sekolah, sampe akhirnya kebetulan banget ketemu sama profesor yang ngurusin kelas premiere (kelas 2). Dia bisa bahasa Inggris. Terus bilang katanya itu normal, pasti berat di awal. Tapi semua akan membaik :)

Di minggu kedua, masih suka menye. Kalo buka facebook, masih suka nangis, tapi udah mendingan..
Di minggu kedua akhirnya aku ketemu anak exchange lain dari Australi yang udah di Perancis dari Januari. Jadi dia udah capcus banget bahasa Perancisnya. Dan aku suka nanya-nanya gimana hari-hari awalnya di Perancis. Dan aku cerita tentang 2 minggu pertama ku. Dan katanya, "everything's gonna be better. You will have some progress, keep learning French."

Di minggu ketiga, aku mulai betah di sekolah. Dikit-dikit aku paham lah orang ngomong apa.. Meskipun mereka kayak ngomong pake bahasa nyamuk dan bikin bingung, dan kadang bikin pengen muntah (enggak juga sih --> LEBAY), aku akhirnya selalu nyoba ngomong pake bahasa Perancis. Dan buat ngomong "Aku boleh makan sama kalian?" lamaaa banget. Tapi mereka sabar-sabar aja nungguin aku ngomong hahahaha

Dan akhirnya sampailah di minggu keempat. Aku udah mulai tenang, dan suka jalan-jalan di kota sendirian waktu pulang sekolah. Jam pulangku, hampir selalu 1 jam sebelum bis dateng. Jadi aku suka jalan-jalan ke belakang sekolah, yang isinya pusat perbelanjaan di kota Angers. Yaps, beruntung banget, sekolahku sangat strategis. Aku keluar masuk toko (di sini nggak ada mall, jadi toko-toko berjejer gitu) tanpa beli apa-apa. Pernah juga hampir nyasar hahahaha
Tapi nggak semuanya di minggu keempat menyenangkan. Karna aku tetep masih suka 'ilang' di sekolah. Aku nggak ngerti kelasku di mana, dan akhirnya ngegalau nyari kelas. Tapi orang-orang di sini emang baik, aku suka ditolongin nyari kelas hahahahaha

Di bulan pertama ini emang rock n roll banget buat aku. Dulu selalu pengen muntah kalo makan (di sini flat abis rasanya), tapi sekarang kalo makan malah jadi banyak banget kayaknya. Hahahaha bakal gendut deh..

Dan waktu homesick, apalagi di 2 minggu pertama, ada orang yang selalu bilang "all is well" dan nyemangatin aku.. Siapakah diaaaa? Hahahahahaha tau sendiri laaaah ;)

No comments: