Monday, June 4, 2012

Ce Weekend !

Weekend ini, aku dan hostfam jalan-jalan ke sebuah château (kastil) di village tetangga. Kastil ini namanya Château du Plessis Bourré. Kastil yang satu ini emang nggak segede Château de Josselin atau Château de Versailles. tapi kastil ini cukup terkenal juga.. Sering dibuat syuting film segala :)





Besoknya (Minggu), kita ke La Mines Bleue. Jadi ini kayak museum pertambangan gitu. Tapi ini bukan sekedar museum aja. Di tahun 1800-1900 n, tempat ini bener-bener merupakan sebuah pertambangan ardoise (semacam batu, di Perancis banyak dipake sebagai genteng). Tapi, sekarang udah nggak dipake lagi, dan dijadiin tempat wisata publik. Kita dibawa turun ke dalem tanah sedalem 126m di bawah permukaan laut. Di dalem, kita ditunjukin tahap-tahap penambangan, cerita-cerita tentang para penambang, dan lain-lain.


Jaman masih ada pertambangan di sini, keleledai dipake buat narik gerobak-gerobak yang isinya hasil tambang.  Waktu itu, mereka tinggal di dalem tanah, dan dibawa keluar buat ngeliat matahari dan ngehirup udara segar cuma di Hari Minggu.






Kita juga dibawa keliling naik kereta ini di dalem lokasi pertambangan.


No comments: